7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Trenggalek

Trenggalek banyak menyimpan destinasi wisata yang tidak ada habisnya. Selain pantai, ada destinasi menarik lain yang juga jadi favorit wisatawan. Mulai dari gua, air terjun, perbukitan, hingga hutan bakau. Nah, di sini, kamu akan mendapatkan 7 rekomendasi wisata alam terbaik yang ada di Bumi Menak Sopal ini. Kira-kira apa saja, ya? Berikut 7 rekomendasi wisata alam terbaik di Trenggalek:

.1. Pantai Prigi

(kredit: instagram.com/hakimdhensy/)
LokasiJl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Rating4.3/5.0 dari 4.138 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Trenggalek1 jam 6 menit (38,8 km) melalui Jl. Raya Bandung Prigi
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSnorkelling, camping, motor trail

Trenggalek memang dikenal dengan banyaknya destinasi wisata alam, terutama destinasi pantainya. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Prigi.

Dulunya, pantai ini terkesan biasa saja dan sepi pengunjung. Namun, sekarang telah berubah menjadi lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan wisatawan.

Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan di sini. Apa saja itu? Ini dia:

  • Berenang

Dibandingkan dengan pantai lain, ombak di Pantai Prigi terbilang cukup ramah. Pengunjung pun tidak perlu takut jika ingin berenang di pantai ini.

  • Snorkeling

Ingin melihat pemandangan bawah laut di Pantai Prigi? Kamu bisa mencoba aktivitas snorkeling karena situasinya sangat mendukung. Selain ombaknya yang kecil, air di pantai ini sangat jernih dan biota laut di bawah terlihat sangat indah.

  • Bermalam di pantai

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda saat berlibur ke Pantai Prigi, tak ada salahnya untuk bermalam di sini. Pihak pantai juga menawarkan penginapan dan area camping ground.

  • Motor Trail

Di pantai ini ada alternatif kegiatan seru bagi pengunjung yang tidak berhubungan dengan air, yaitu motor trail. Pengunjung bisa menyewa motor trail yang telah disediakan untuk dikendarai di sepanjang bibir pantai.

Setelah puas bermain di pantai, cobalah untuk menikmati wisata kuliner yang tersedia di sekitar pantai. Jangan lupa coba menu ikan bakar yang jadi ciri khas di sini.

2. Pantai Konang

(kredit: instagram.com/trenggalekeksis/)
LokasiSukorejo, Nglebeng, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Rating4.4/5.0 dari 2.353 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Trenggalek1 jam 29 menit (51,3 km) melalui Jl. Panggul-Dongko
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSurfing, warung kuliner.

Ingin berlibur ke pantai sekaligus berbaur dengan kehidupan masyarakat setempat? Pantai Konang mungkin bisa jadi pilihan terbaik.

Pantai Konang sendiri merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata Pantai Trenggalek yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik. Tak sekadar destinasi wisata biasa, Pantai Konang juga sangat diandalkan oleh masyarakat setempat untuk mencari rezeki.

Sebab, area ini difungsikan pula sebagai kampung nelayan. Makanya, tidak mengherankan jika Pantai Konangmenjadi salah satu Pantai Trenggalek yang ternama.

Untuk menuju ke Pantai Konang tidaklah terlalu sulit. Rutenya bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari pusat Kota Trenggalek, destinasi ini dapat dijangkau dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini? Jangan takut bosan, kamu bisa melakukan aktivitas seru ini:

  • Surfing

Dibandingkan Pantai Prigi, ombak di Pantai Konang terbilang lebih besar sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berselancar. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga ini, pastikan dulu statusnya apakah aman atau tidak. Sebab, pada beberapa waktu, pihak pantai akan memberlakukan status “warning” saat ombak  dinilai terlampau besar.

  • Berenang

Main di pantai rasanya ada yang kurang jika tidak bermain basah-basahan. Nah, waktu ombak terbilang tenang, pengunjung bisa berenang di pantai ini.

  • Wisata kuliner

Jangan lupa untuk mencoba menu-menu khas pantai yang disediakan beberapa restoran yang ada di sekitar Pantai Konang. Menu yang jadi primadona di sini adalah ikan bakar.

Pengunjung juga bisa menikmati kopi atau es degan sembari memandangi indahnya pemandangan hamparan pasir putih dan sunset ketika menjelang petang.

3. Goa Lowo Trenggalek

(kredit: instagram.com/agus.fh/)
LokasiKambe, Watuagung, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Rating4.3/5.0 dari 1.109 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Trenggalek35 menit (51,3 km) melalui Jl. Nasional III dan Jl. Raya Bandung Prigi
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataWarung makan, toko oleh-oleh, jembatan.

Selain pantai, Trenggalek juga memiliki destinasi wisata alam lain, salah satunya adalah Goa Lowo. Lowo dalam bahasa Indonesia artinya adalah kelelawar. Jadi, tak heran kalau di dalam gua, pengunjung akan mendapati ribuan kelelawar yang terbang bebas.

Gua ini memiliki rangkaian stalaktit dan stalagmit, serta terdiri dari 9 ruang yang tinggi dan luas. Jangan takut tidak bisa melihat apa-apa karena di dalam sudah disediakan lampu penerang. Selain itu, telah dibangun juga jembatan di dalam gua demi memudahkan pengunjung untuk menjelajahi destinasi ini.

Jika ingin berkunjung, ada baiknya untuk memakai masker karena bau kotoran kelelawar sangatlah menyengat. Namun, jika berkunjung pada siang sampai sore hari, pengunjung tidak akan menemukan kelelawar di sepanjang perjalanan karena mereka sedang beristirahat.

Destinasi gua ini cukup mudah ditemukan karena terdapat papan yang cukup besar di tepi jalan sebagai petunjuk. Goa Lowo sendiri masih satu rute dengan Pantai Prigi sehingga pengunjung bisa sekaligus berkunjung ke destinasi tersebut.

Kondisi jalan menuju Goa Lowo dari Kota Trenggalek sudah cukup baik. Meskipun jalannya tidak terlalu lebar, wisatawan bisa menjangkaunya dengan motor maupun mobil.

Demi kenyamanan wisatawan, pihak Goa Lowo telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung, seperti:

  • Lahar parkir yang luas.
  • Musala.
  • Toilet.
  • Rest area.
  • Warung makan.
  • Toko oleh-oleh.

Tertarik untuk berwisata ke Goa Lowo? Yuk, segera agendakan untuk bertamasya ke Trenggalek.

4. Banyon Hill

(Kredit: instagram.com/arie_ardie/)
LokasiWidoro, Gandusari, Kw. Ladang, Karanganyar, Gandusari, Kabupaten Trenggalek (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Rating4,3/5.0 dari 518 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Trenggalek21 menit (10.6 km) melalui Jl. Nasional III
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot selfie.

Di Trenggalek, kamu bisa berwisata ke dataran tinggi untuk menikmati hawa sejuk dan pemandangan khas puncak yang diselimuti awan. Dan Banyon Hill adalah tempatnya.

Banyon Hill atau yang dikenal juga dengan Bukit Banyon ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Trenggalek. Karena terletak di dataran tinggi, pengunjung yang datang ke sini seolah-olah berada di atas awan.

Ada banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto. Dengan latar belakang hamparan awan yang menyelimuti perkampungan dan gugusan pegunungan yang terlihat, menambah hasil fotomu semakin estetik.

Di sini, setidaknya pengunjung bisa menikmati tiga keindahan panorama, mulai dari saat sunrise, sunset, dan kumpulan awan putih yang menyelimuti perbukitan Banyon dan sekitarnya.

Di malam hari, pemandangannya juga tak kalah bagus. Pengunjung bisa menikmati hamparan ribuan bintang di langit jika cuaca sedang tidak berkabut atau mendung.

Untuk menuju ke destinasi ini, pengunjung bisa menjangkaunya menggunakan mobil maupun motor. Akses jalannya cukup mudah dilewati meskipun jalannya menanjak dan berkelok-kelok.

5. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

(kredit: instagram.com/arjunamadha/)
LokasiJalan Pantai Cengkrong,  Tirto, Karanggandu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-21.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Rating4,3/5.0 dari 388 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Trenggalek1 jam 9 menit (39.5 km) melalui Jl. Raya Bandung Prigi
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataJembatan Galau, hutan bakau, pantai

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong adalah destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke Trenggalek, Jawa Timur. Letaknya tak jauh dari Pantai Prigi, yang termasuk pantai terfavorit di Kabupaten ini.

Destinasi satu ini cocok untuk liburan keluarga. Jadi, sekalian berlibur, area ini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi. Tentunya akan sangat bagus jika mengajak anak-anak agar mereka tahu wawasan mengenai manfaat dari hutan bakau.

Ada banyak spesies mangrove yang bisa pengunjung dapati di sini. Mulai dari Sonneratia alba, Ceriops tagal, Avicennia alba, Rhizophora apiculata, hingga Aegiceras sexangula. Mangrovemangrove ini tumbuh di atas tanah lumpur yang terbawa aliran Sungai Kalisongo.

Untuk memudahkan pengunjung mengeksplorasi kawasan hutan bakau, sudah disediakan jembatan kayu yang dinamakan “Jembatan Galau”.

Tempat terbaik mengunjungi Hutan Mangrove Pancer Cengkrong adalah pada saat cuaca sedang cerah karena pemandangan pegunungan akan terlihat jelas. Jika ingin merasakan sensasi melihat mangrove dengan cara berbeda, pengunjung bisa berkeliling dengan perahu. Harga sewa perahu di destinasi ini dibanderol Rp10.000/orang.

6. Putri Maron

(kredit: instagram.com/montess_78/)
Lokasidusun soko desa, Depok, Bendungan, Depok, Bendungan, Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating4.0/5.0 dari 363 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Trenggalek26 menit (13.1 km) melalui Jl. Mastrip
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataWarung sego gegok, gazebo

Putri Maron adalah tempat wisata alam berupa air terjun di Trenggalek. Nama Putri Maron diberikan karena menurut cerita, tempat ini pernah disinggahi oleh putri dari Kerajaan Kediri. Putri sendiri artinya adalah perempuan dan maron berarti kedung atau kolam alami.

Tidak seperti dulu, Putri Maron kini semakin berkembang dan dipadukan dengan sentuhan kekinian untuk menarik minat wisatawan. Ada banyak fasilitas yang ditambahkan oleh pihak pengelola. Salah satunya adalah air terjun mini yang terdapat kolam tempat di bawahnya.

Kolam tersebut bisa digunakan pengunjung untuk bermain air. Daya tarik lainnya adalah, di pinggir kolam terdapat deretan batuan purbakala. Tidak heran kalau tempat ini juga memiliki sebutan Putri maron Kali Batu Purba.

Suasana di kawasan ini sangatlah asri dan sejuk karena dikelilingi oleh banyak pohon. Di salah satu area ada spot foto favorit dengan latar belakang deretan gantungan payung warna-warni.

Kalau sudah lelah mengeksplorasi kawasan ini, pengunjung bisa beristirahat di gazebo yang telah disediakan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang ada di destinasi ini. Salah satu yang wajib dicoba adalah sego gegok khas Trenggalek.

Makanan ini sekilas mirip dengan nasi kucing. Hanya saja, yang membedakan adalah sego gegok adalah nasi setengah matang yang dibungkus daun pisang dan dilengkapi dengan sambal teri. Setelah itu, bungkusan tersebut dikukus untuk mematangkannya. Dijamin rasanya sangat mantap.

7. Wisata Tebing Lingga – WTL

(Kredit: instagram.com/u.n.1993/)
LokasiJl. AKP ROESTAMAJI RT.06/RW.02 Dsn. Tawang, Area Gn. Nglebo, Suruh, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin- Jumat  jam 08.00-17.00 WIB Sabtu jam 08.00-23.00 WIB Minggu jam 08.00-21.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Rating4,4/5.0 dari 360 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Trenggalek29 menit (15.6 km) melalui Jl. Raya Karangan dan Jl. Dongko-Karangan
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataGazebo, penjual kopi, flying fox

Berbicara seputar destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek memang tidak ada habisnya. Tidak heran memang, karena jargon kota ini sendiri adalah “Trenggalek Kota Wisata”.

Salah satu yang jadi favorit para pengunjung adalah Wisata Tebing Lingga atau WTL yang terletak di Dusun Tawang. Dulunya, tempat wisata ini adalah kawasan tambang dan menjadi langganan banjir serta area persawahan sering rusak karena penambangan yang tidak mempertimbangkan faktor alam.

Kemudian, warga pun protes dan menggelar demo besar-besaran pada 2009 lalu. Pemerintah pun memutuskan untuk melarang adanya penambangan di desa ini.

Bekas tambang ini pun dibiarkan begitu saja tanpa ada yang merawatnya. Masyarakat setempat dan mahasiswa KKN saat itu kemudian mencetuskan untuk membangun tempat wisata di kawasan ini. Puncaknya pada tahun 2018, WTL dinobatkan sebagai inovasi desa terbaik di Kabupaten Trenggalek.

Buat kamu yang suka dengan pemandangan alam yang indah dan ingin mendapatkan foto estetik, WTL wajib dikunjungi. Selain pemandangan gagahnya Tebing Lingga, terdapat sungai dengan aliran air yang sangat jernih di bawahnya.

Saat turun ke arah bawah, ada tanah lapang yang cukup luas. Di beberapa spot juga didirikan gazebo untuk wisatawan agar bisa bersantai sembari menikmati secangkir kopi yang dijajakan oleh penjual.

Jika ingin melakukan kegiatan yang menantang, kamu bisa mencoba wahana flying fox yang telah disediakan. Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu membayar Rp25.000/orang.

Lokasi destinasi ini cukup mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat kota, hanya diperlukan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Namun, semakin dekat dengan tujuan, jalannya akan sedikit menanjak dan berkelok sehingga perlu lebih berhati-hati.

Itulah tadi 7 rekomendasi wisata alam di Trenggalek. Salah satu kabupaten di Jawa Timur ini menyimpan banyak sekali destinasi menarik yang wajib dikunjungi. Dengan adanya informasi tentang rekomendasi wisata alam terbaik di atas, semoga kamu semakin mendapatkan gambaran dan semakin ingin mengunjunginya. Jika memiliki kesempatan untuk berkunjung, jangan lupa jaga kebersihan dan jangan pernah merusak apa pun yang ada di tempat wisata tersebut, ya. Supaya kebersihan dan kenyamanannya tetap terjaga.

Add Comment