7 Arti Assalamualaikum

Salah satu ciri khas dari seorang muslim adalah ketika bertemu dengan sesama muslim, maka akan mengucapkan assalamualaikum. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang sekedar mengucapkannya tanpa memahami arti assalamualaikum serta makna penting yang ada di balik ucapan tersebut.

Arti Assalamualaikum

Pada umumnya, saat bertemu dengan saudara sesama muslim maka salam yang diucapkan sangat beragam, ada yang singkat, sedang, hingga sangat lengkap. Adapun variasi ucapan salam serta artinya adalah sebagai berikut:

  • 1. Assalamu’alaikum, artinya semoga keselamatan terlimpah untukmu.
  • 2. Assalamualaikum wa rahmatullah, artinya adalah semoga Allah memberikan keselamatan dan rahmat kepadamu.
  • 3. Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, memiliki arti semoga keselamatan, rahmat dan berkah Allah tercurah untukmu.

Dari tiga jenis salam dan artinya di atas, dapat diketahui bahwa dalam salam terdapat doa yang diberikan kepada orang yang menerima salam. Tidak heran kalau nabi mewajibkan orang yang menerima salam untuk menjawabnya dengan wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Makna di Balik Ucapan Assalamualaikum

Salam tidak sekadar ucapan formal antara umat muslim ketika bertemu. Lebih dari itu, ada makna yang sangat dalam di balik ucapan tersebut sehingga seorang muslim harus bisa mengambil hikmah dibaliknya. Adapun makna dibalik arti ucapan assalamualaikum yang kami kutip dari situs matakaca.com adalah:

1. Mengandung Perhatian dan Bukti Kasih Sayang Sesama Muslim

Doa keselamatan yang diberikan kepada sesama muslim dalam ucapan salam menjadi bukti bahwa ada perhatian dan kasih sayang yang ditunjukkan di dalamnya. Saat seseorang merasa peduli dan sayang kepada orang lain, tentu saja doa keselamatan akan selalu diberikan kepada orang tersebut.

2. Mempererat Hubungan Persaudaraan Sesama Muslim

Meski tidak wajib, ucapan salam sudah menjadi kebiasaan umat muslim yang terus diaplikasikan hingga saat ini. Kebiasaan baik ini sangat berguna untuk mempererat persaudaraan sesama muslim. Bahkan salam juga menjadi tanda yang membedakan antara orang muslim dengan non muslim saat bertemu.

3. Mengajarkan untuk Selalu Mendoakan yang Baik

Kalau sudah tahu arti yang terkandung dalam salam, tentu umat muslim akan sadar bahwa yang diucapkan tersebut adalah doa. Ini bisa menjadi pembiasaan yang baik agar terbiasa mendoakan kebaikan kepada sesama muslim sejak dini.

Pengamalan dari Arti Assalamualaikum

Pengamalannya bukan berarti sekadar memasang tulisan Arab assalamualaikum di pintu-pintu rumah atau sebagai hiasan  dalam bentuk kerajinan. Lebih dari itu, pengalaman salam ini seharusnya bisa mengantarkan sesama muslim untuk bisa hidup berdampingan dengan damai tanpa permusuhan.

Beberapa contoh pengamalan arti dari assalamualaikum dalam kehidupan sehari-hari adalah:

1.  Selalu Berwajah Ramah Ketika Bertemu Sesama Muslim

Salam yang diucapkan kepada sesama muslim tentu bukan sekadar pemberitahuan akan kedatangan seseorang saja, tapi sebagai media untuk menyambung silaturahmi. Jadi, saat mengucapkannya hendaknya diiringi dengan wajah yang ramah.

2. Senantiasa Perhatian dan Peka dengan Kehidupan Saudara Muslim Lainnya

Doa keselamatan dan rahmat yang dimohonkan untuk sesama muslim mengandung perhatian di dalamnya sehingga dalam kehidupan harus bisa peka terhadap kesulitan sesama muslim.

3. Saling Menjaga Keselamatan Umat Muslim

Apabila sesama muslim berada dalam bahaya, hendaknya dengan sukarela membantu dan memberikan saudara muslimnya rasa aman serta keselamatan.

4. Menghindari Perselisihan dan Perdebatan yang Tidak Berfaedah

Seringkali permusuhan sesama muslim terjadi karena perdebatan terkait mazhab. Bagi yang mengamalkan arti dari assalamualaikum, tentu perdebatan ini harus dihindari demi mencegah permusuhan.

5. Berusaha Selalu Mendoakan yang Baik Kepada Saudara Muslim dalam Segala Kondisi

Banyak yang mendoakan buruk kepada sesama muslim ketika merasa benci atau dalam masalah tertentu. Padahal orang yang mengamalkan assalamualaikum akan senantiasa mendoakan kebaikan untuk saudara muslim dalam segala kondisi.


Sebagai seorang muslim yang menyadari akan keislamannya, sudah sepatutnya mengetahui arti assalamualaikum dan mengamalkannya dalam kehidupan. Dengan begitu kedamaian antar sesama muslim akan senantiasa terjaga tanpa adanya permusuhan yang sering terjadi seperti saat ini.

Add Comment