Flash News
   
Ukuran Huruf
Bookmark and Share

Berita

Progress Buku Putih Delapan Kab/Kota Kurang dari 50 Persen

Thursday, 21 November 2013 02:00

Tahun 2013 menyisakan waktu satu bulan. Seharusnya, semua kabupaten/kota PPSP 2013 telah menyelesaikan penyusunan Buku Putih Sanitasi dan dalam tahap akhir finalisasi Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK). Namun fakta berbicara lain.

Dari 123 kabupaten/kota peserta PPSP 2013, ternyata hingga akhir November ini masih ada yang progress kegiatannya kurang dari 50 persen. Berdasarkan data di ppsp.nawasis.info, ada delapan kabupaten/kota yang baru menyelesaikan kegiatan kurang dari setengah dari yang ditargetkan.

Delapan kabupaten/kota itu adalah Kab Subulussalam (Aceh), Kab Malinau (Kaltim), Kab Kampar (Riau), Kab Sintang (Kalbar), Kota Batam (Kepri), Kota Pangkalpinang (Kep Babel), Kab Landak (Kalbar), dan Kab Lebak (Banten).

Sementara itu, 48 kabupaten/kota telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan penyusunan dokumen BPS (100 persen), 52 kabupaten/kota dalam posisi 76-99 persen, dan 15 kabupaten/kota pada posisi kegiatan 51-75 persen.

SSK

Bersamaan dengan penyusunan BPS, secara simultan Pokja Kab/Kota juga menyusun Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK). Hingga tulisan ini dibuat, baru ada empat kabupaten/kota yang menyelesaikan seluruh progress kegiatan (100 persen).

Keempat kabupaten/kota itu adalah Kab Musi Rawas (Sumsel), Kab Banyuasin (Sumsel), Kota Pagar Alam (Sumsel), dan Kota Mojokerto (Jatim). Tiga kabupaten di Sumsel ini menempati posisi tertinggi dalam rangking nasional.

Sedangkan kabupaten/kota yang menyelesaikan setengah kegiatan lebih ada 34 kabupaten/kota. Sisanya baru menyelesaikan kurang dari setengah kegiatan penyusunan SSK. Dan di antara kabupaten/kota yang belum sama sekali melakukan kegiatan tahapan penyusunan SSK ada 40 kabupaten/kota. Progress mereka nol persen.

MPS

Sementara itu, kabupaten/kota yang memasuki tahapan penyusunan Memorandum Program Sanitasi (MPS) tahun 2013, dari 108 daerah, baru 34 kabupaten/kota yang menyelesaikan seluruh kegiatan. Hanya tiga kabupaten yang belum melaporkan progressnya sama sekali yakni Kab Waropen, Kab Asmat, dan Kab Jayapura. []

 

 

 

 

Page 9 of 322