Flash News
   
Ukuran Huruf
Bookmark and Share

Berita

[CSS XIV] Ridwan Kamil: Nation talks, Cities Act

Thursday, 18 September 2014 03:40

babsembrBANDUNG - Jelang City Sanitation Summit (CSS) XIV yang akan berlangsung pada 18 September 2014, Pemerintah Kota Bandung sebagai Tuan dan Nyonya Rumah mengadakan jamuan makan malam untuk menyambut para tamu, yaitu para Walikota dan Bupati dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka siap untuk mengikuti pertemuan berkala para Kepala Daerah yang dikoordinir oleh Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) bersama Pemerintah Kota Bandung yang tahun ini menjadi penyelenggara.

Dalam sambutannya, Walikota Bandung, Ridwan Kamil, mengajak para Walikota dan Bupati untuk lebih kompak agar hidup menjadi lebih mudah. Tentu saja yang ia maksudkan adalah hidup berbangsa dan bernegara yang didasarkan pada Pancasila. Menurut pria yang biasa disapa Kang Emil ini, tanpa Pancasila maka peradaban Indonesia tidak berumur panjang seperti sekarang. Baginya ada dua hal penting yang turut berpengaruh menciptakan Indonesia hebat yaitu hadirnya Presiden yang luar biasa, dan kedua yang tak kalah pentingnya yaitu kekompakkan Walikota dan Bupati untuk berinovasi yang ditandai dengan demokrasi yang kondusif. Beliau juga sempat menyinggung soal pilkada langsung untuk diperjuangkan karena kedaulatan ada pada rakyat, dan Walikota maupun Bupati sesungguhnya adalah pemimpin masa depan.

Kamil mengakhiri sambutannya dengan catatan, "nation talks, cities acts". Para pemimpin daerah adalah para lebah pekerja yang memperjuangkan rumah Indonesia. Salah satunya dengan saling mendukung dan menjaga kekompakkan dalam mengupayakan sanitasi yang lebih baik untuk kota yang lebih baik. Dan ia berharap agar Bandung ada di barisan depan sebagai pemberi inspirasi juga kenangan yang manis. Pada acara ini juga disuguhkan kesenian nusantara, karya instalasi, makanan nusantara, juga pengumuman anggota baru AKKOPSI yang berasal dari 125 kabupaten kota.

CSS XIV mengusung tema, "Sanitasi yang Baik Menjadikan Kota Lebih Baik", dan berlangsung 18 September 2014 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Acara ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat [SL]

 

Page 9 of 332