Flash News
   
Ukuran Huruf
Bookmark and Share

Berita

[CSS XIV] Agung Laksono Jamin Terbitnya Perpres tentang Air Minum dan Sanitasi

Thursday, 18 September 2014 14:00

babsembrBANDUNG - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Dr. H. R. Agung Laksono, membuka acara City Sanitation Summit XIV (CSS XIV) dan Rakernas Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi VI di Sasana Budaya Ganesha Bandung, 18 September 2014.

Dalam sambutannya, Agung Laksono menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif para Bupati dan Walikota dari berbagai penjuru Indonesia untuk mengupayakan sanitasi permukiman yang lebih baik, sesuai tema CSS XIV ini yaitu, "Sanitasi yang Baik Menjadikan Kota Lebih Baik". Agung Laksono juga menjawab pertanyaan penting yang sebelumnya disampaikan oleh Ketua AKKOPSI sekaligus Walikota Balikpapan, H. M. Rizal Effendi, S.E., kepada Pemerintah Pusat yaitu harapan akan terbitnya Peraturan Presiden Air Minum dan Sanitasi sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masalah sanitasi. Menurutnya, Perpres yang diharapkan oleh para kepala daerah ini sudah ada dalam Program 100 Hari Terakhir Kabinet SBY. Artinya, sebelum 20 Oktober 2014, apa yang diharapkan ini pasti terwujud. Bahkan Agung Laksono bersedia mengantarkan sendiri Perpres dimaksud saat diterbitkan kepada AKKOPSI.

Tentang target pencapaian 100% akses sanitasi pada 2019, Agung Laksono menyadari bahwa hal tersebut merupakan sebuah tantangan yang berat. Political will dari semua pihak dibutuhkan, termasuk yang sudah ditunjukkan oleh para kepala daerah anggota AKKOPSI yang menganggarkan minimal 2% anggarannya untuk sanitasi.

"Saya berharap pertemuan puncak sanitasi yang dilanjutkan dengan Rakernas dapat memberikan penguatan terhadap komitmen yang sudah ada bagi terwujudnya akses sanitasi layak 100% di tahun 2019", ucap Agung Laksono. "Saya juga mengapresiasi para Kepala Daerah yang selama lima tahun terakhir ini mengupayakan sanitasi yang lebih baik di daerahnya", lanjutnya.

Selain Agung Laksono, hadir pula Prof. Dr. Ali Ghufrom Mukti, M.Sc., Ph.D. (Wamen PU), Dr. Ir. Achmad Hermanto Dardak, M.Sc. (Wamen Kesehatan), H. Ahmad Heryawan, Lc. (Gubernur Jawa Barat), Mochammad Ridwan Kamil, S. T., MUD. (Walikota Bandung), H. M. Rizal Effendi, S.E. (Ketum AKKOPSI), para Walikota dan Bupati dari berbagai penjuru nusantara, jajaran terkait dan undangan lainnya. [SL]
 

Page 9 of 334