Flash News
   
Ukuran Huruf
Bookmark and Share

Sukseskan PPSP, Pokja Sanitasi Kalsel Gelar Lokalatih BPS dan EHRA

pokja_kalselPokja Sanitasi Prov Kalimantan Selatan berusaha keras menyukseskan program PPSP 2013 di daerahnya. Pada 1-2 Mei 2013, Pokja menggelar ’Lokalatih Buku Putih Sanitasi (BPS) dan Enviromental Health Risk Assesment (EHRA)’.

Acara yang berlangsung di Aula Guci Bappeda Provinsi Kalsel ini diikuti oleh pokja dari empat kab/kota yakni Kab Balangan, Kab Tanah Laut, Kab Hulu Sungai Utara dan Kota Banjarmasin. Perwakilan kab/kota inin terdiri atas unsur Bappeda (1 oang), Dinas PU (1 orang), dinas yang menangani persampahan (1 orang) dan 2 orang dari dinas kesehatan serta ditambah City Facilitator (CF) dari masing-masing kab/kota.

Lokalatih ini dibuka oleh Hidayatullah dari Pokja Sanitasi Prov Kalsel. Ia menekankan pentingnya lokalatih ini bagi kab/kota. Ia berharap kab/kota bisa melaksanakan studi EHRA dan menyusun BPS sesuai jadwal yang ditentukan.

Lokalatih ini dibagi dalam dua kelas. Kelas pertama khusus untuk EHRA. Materinya antara lain Pengantar Studi EHRA, Penentuan Area Survey, Metodologi EHRA, Pembahasan Kuesioner, Pengolahan Data & Analisis Data (EFI.INFO) dan ditutup dengan Analisis Data EHRA, Area Beresiko dan Laporan EHRA. Kelas kedua membahas BPS dengan fokus materi: Internalisasi & Penyamaan Persepsi, Penyiapan Profil Wilayah, Penilaian Profil Wilayah, dan Penetapan Area Beresiko, serta di tambah dengan Penjaminan Kualitas (QA).

Materi EHRA disampaikan oleh narasumber dari PIU-AE Achmad Nauval, Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Sibli dan Santi. Sedangkan narasumber BPS yakni Prosda USDP Abdullah Arafad, Provincial Facilitator Ismail dan Armasyah.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal dan pedoman bagi pokja kab/kota yang saat ini akan menyusun BPS dan melaksanakan Studi EHRA. Kesuksesan program PPSP sangat tergantung kerja sama semua pihak yang terkait di pokja. []