Kaleidoskop 2015: Portal Sanitasi

Kaleidoskop 2015: Portal Sanitasi

Kita bisa, kita pasti bisa. Kita akan raih bintang-bintang. Kita bisa jadi yang terdepan, bersatu bersama dalam satu irama, terbang meraih kejayaan, kita bisa!

2015 adalah tahun yang luar biasa bagi seluruh insan sanitasi di Indonesia. Kita baru saja menyelesaikan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) 2010-2015 dimana target MDGs untuk sanitasi berhasil terlampaui. Di tahun ini juga, kita memulai periode PPSP berikutnya, 2015-2020, dengan target baru yang mengacu pada RPJMN dan SDGs untuk sanitasi yaitu Universal Akses.
Seperti biasanya, “Apakah semua itu bisa dilakukan?”, menjadi pertanyaan wajib. Direktur Perkim Bappenas, Nugroho Tri Utomo, dengan tegas mengatakan, “Kita pasti bisa!” Tipsnya: 1) Belajar dari yang berhasil, 2) Cari teman seperjuangan, 3) Beraksi sekarang juga! Bersamanya hadir para inspirator, orang-orang yang terbukti berhasil menggerakkan masyarakat dan lembaga untuk bergerak bersama dalam pembangunan sanitasi. Ada Kepala Daerah dan wakil pemerintahan, ada perwakilan korporasi dan lembaga, ada agamawan, ada guru, ada masyarakat umum, ada banyak teman seperjuangan.
Para Bupati dan Walikota serta jajaran Pemda Kab/Kota telah lama bergerak melalui AKKOPSI, sekarang para Gubernur dan Pemda Provinsi juga mulai bersinergi. Semakin banyak yang berbagi peran, semakin banyak yang menjadikan sanitasi urusan kita bersama, semakin kita kuat.
Di bawah ini ada kilasan singkat hal-hal yang kita lakukan bersama. Tidak semua, hanya sebagian kecil saja, dan rata-rata di tataran nasional yang baru bisa kami dokumentasi. Kita tahu bahwa yang telah dilakukan lebih dari ini, terutama di basis-basis terdepan yang bersentuhan langsung dengan implementasi. Portal Sanitasi yakin, jika kita mendokumentasikan semua capaian dan pembelajaran bersama di tingkat nasional, provinsi, kab/kota, bahkan sampai di tingkat desa dan komunitas maka kita akan lebih optimis mencapai Universal Akses. Karena, kita bisa!
Adobe PDF icon
Kaleidoskop 2015: Portal Sanitasi