[HCTPS 2015] Menteri Kesehatan Merayakan HCTPS 2015 Bersama 2000 Anak

[HCTPS 2015] Menteri Kesehatan Merayakan HCTPS 2015 Bersama 2000 Anak

portalsanitasi_hctps2015_020JAKARTA – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM.(K) hari ini  merayakan Puncak Acara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) 2015 bersama kurang lebih 2000 anak Sekolah Dasar di Jakarta. Acara yang bertempat di Parkir Timur Senayan Jakarta itu bertema, “Tangan Bersih Pangkal Sehat”. Pemilihan tema ini memiliki visi ke depan, yaitu apapun kegiatan yang dilakukan masyarakat, jika praktik cuci tangan pakai sabun dilakukan dengan benar dan pada waktu yang tempat, dapat mencegah penularan penyakit melalui tangan. Tidak ada kegiatan menusia yang tidak menggunakan tangan. Tangan yang bersih dapat mendukung terwujudnya generasi sehat.

Kemeriahan dimulai saat dr. Lula Kamal yang bertindak sebagai pembawa acara mengundang Menteri Kesehatan untuk memberikan sambutan. Alih-alih berbicara dari podium, Bu Menteri menuju ke tengah lapangan dan mengajak semua anak mendekat. Dalam hitungan detik, semua anak berlari ke arahnya. Mereka tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berada dekat dengan bu Menteri.

Panitia dan kru media agak kelimpungan tetapi Bu Menteri dengan santai berbincang dengan anak-anak. Beliau menanyakan beberapa hal terkait kebiasaan mencuci tangan pakai sabun. Dengan antusias anak-anak menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, “Apa yang kita peringati hari ini?”, “Mengapa cuci tangan pakai sabun itu penting?”, “Coba sebutkan tujuh langkah cuci tangan pakai sabun?”, “Apakah hanya Ibu saja, atau Bapak juga perlu praktik Cuci Tangan Pakai Sabun?” dan sebagainya. Bu Menteri juga mengajak anak-anak bernyanyi lagu ‘Cuci Tangan Pakai Sabun’. Beliau tak jemu berpesan agar anak-anak membagikan praktik baik ini kepada orangtua, kakak, adik, juga teman-temannya. Orang-orang dewasa juga diharapkan melakukan hal yang sama karena inilah intervensi kesehatan yang paling murah dan paling efektif untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang menular bila kebersihan diabaikan.

Anak-anak juga menemani bu Menteri melakukan pelepasan balon sebagai penanda terselenggaranya Puncak Acara HCTPS 2015. Acara kemudian diteruskan dengan penobatan Duta Lingkungan Sehat dan Natural Leader STBM 2015, cap tangan dan praktik cuci tangan pakai sabun secara massal, pemecahan rekor MURI untuk puzzle ikon HCTPS berukuran 5×7 meter persegi yang terbuat dari 8750 batang sabun, tanya jawab tentang CTPS, tarian CTPS, dan berbagai acara menarik lainnya. Sebagian besar kegiatan melibatkan anak-anak secara langsung. Keceriaan dan kegembiraan anak-anak begitu tampak sepanjang berjalannya acara. Semuanya seiring dengan tekad mereka melaksanakan pesan Bu Menteri untuk terus melakukan dan mengajak semua orang melakukan praktik baik CTPS. “Ayo, cuci tangan pakai sabun!” [SL]

 

Lihat juga berita foto Puncak Acara HCTPS 2015 di FB Page: Portal Sanitasi