Nugroho Tri Utomo Raih Satya Lancana Wira Karya

Nugroho Tri Utomo Penerima Anugerah Satya Lancana Wirakarya 2015JAKARTA – Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, kabar gembira datang bagi insan sanitasi Indonesia. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melalui Keppres RI Nomor 95/TK/Tahun 2015 tanggal 11 Agustus 2015, menganugerahkan Tanda Kehormatan Satya Lancana Wira Karya kepada mereka yang berprestasi. Salah satunya kepada Nugroho Tri Utomo, Direktur Permukiman dan Perumahan Kementerian PPN/Bappenas sekaligus Ketua Pokja AMPL Nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil, kepada Nugroho Tri Utomo pada peringatan HUT Republik Indonesia ke-70, tanggal 17 Agustus 2015, di Bappenas. Penghargaan Satya Lancana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan sebagai penghargaan atas jasa dan dharma bakti yang besar dari seseorang kepada bangsa dan negara sehingga bisa dijadikan teladan.
Continue Reading →

Deklarasi Gubernur Peduli Sanitasi di Forum AHL AKKOPSI

ppspBANDUNG – Di pengujung Forum Advocacy and Horizontal Learning (AHL) AKKOPSI bersama Provinsi Peduli Sanitasi pada 25 Maret lalu di aula barat Gedung Sate, Bandung, dilakukan penandatanganan dan deklarasi Gubernur Peduli Sanitasi: Gerakan Mencapai Universal Akses Sanitasi di Wilayah Provinsi. Universal Akses Sanitasi merupakan target yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk dicapai pada 2020. Target ini selain membutuhkan kerja keras dan effort semua pihak, juga membawa konsekuensi kebutuhan pendanaan lebih dari Rp273 triliun sampai lima tahun ke depan. Para Gubernur menyadari perannya dalam memaksimalkan potensi sumberdaya yang ada, khususnya anggaran kesehatan sesuai UU Nomor 36 tahun 2009.

Continue Reading →

Provinsi Jawa Timur Fokus pada Pembangunan Air Minum dan Sanitasi

06 jawa timurBANDUNG – Provinsi Jawa Timur menjadikan air minum dan sanitasi sebagai salah satu fokus pembangunan. Hal tersebut merupakan implementasi dari salah satu misi Jawa Timur yang tertuang dalam RPJMD-nya sehingga baik strategi ataupun kebijakan disiapkan oleh pemerintah provinsi. “Strategi dan kebijakannya memang ada khusus di RPJMD. Misi kedua itu diimplementasikan dengan pembangunan air minum dan sanitasi. Jadi memang ada fokus ke sana, ada belanja ke sana”, tukas Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, saat didaulat untuk berbagi pengalaman dalam Forum Advocacy and Horizontal Learning (AHL) AKKOPSI bersama Provinsi Peduli Sanitasi pada 25 Maret lalu di aula barat Gedung Sate, Bandung. Continue Reading →

Jawa Barat, Pelopor Pembangunan Kesehatan dari Hulu

sanitasiBANDUNG – “Biasanya yang sering jadi kampanye kita adalah menghabiskan biaya kesehatan, padahal yang paling baik adalah menjaga agar masyarakat tidak sakit. Sanitasi adalah tentang menjaga agar masyarakat tidak sakit,” ungkap Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, yang akrab disapa Aher dalam Forum Advocacy and Horizontal Learning (AHL) – AKKOPSI Bersama Provinsi Peduli Sanitasi di Bandung, 25 Maret 2015.

Continue Reading →

Menkes RI: Bekerja Keras, Bekerja Cerdas dan Bersinergi Mencapai Universal Akses

ppspBANDUNG – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek, didaulat menyampaikan paparan kunci dalam Forum Advocacy and Horizontal Learning (AHL) – AKKOPSI Bersama Provinsi Peduli Sanitasi yang dihadiri oleh beberapa Gubernur ‘kampiun’ Program PPSP, Walikota/Bupati, dan SKPD terkait di Bandung, 25 Maret 2015. Dalam paparan yang dibacakan oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PPPL) Kemenkes, H. M. Subuh, ia menyambut baik tema yang ditetapkan panitia yaitu ‘Sanitasi Layak sebagai Upaya Preventif Kesehatan menuju Universal Sanitation Access Indonesia 2020′.
Tema ini dianggap relevan dengan upaya pemerintah menyediakan akses air bersih dan sanitasi bagi seluruh masyarakat. Air minum dan sanitasi yang terjangkau oleh seluruh penduduk sangat menentukan tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya serta merupakan inti yang disampaikan Perpres Nomor 185 Tahun 2014 tentang PPAMS.

Continue Reading →